Pengertian Prabayar dan Pascabayar

Beberapa hari yang lalu tetangga datang kerumah dan bertanya kepaada admin apa sich itu artinya Prabayar dan Pascabayar?... Karna anak tetangga admin binggung saat disekolah gurunya menerangkan istilah Prabayar dan Pascabayar PLN yang baru ini, PLN Indonesia meluncurkan produk listrik terbarunya yaitu listrik prabayar dan setelah pulang sekolah nak tetangga bertanya kepada ibunya apa itu prabayar dan pascabayar ?....

Beberapa hari yang lalu tetangga datang kerumah dan bertanya kepaada admin apa sich itu art Pengertian Prabayar dan Pascabayar

Product prabayar dan pascabayar sebenarnya sudah lama digunakan oleh penyedia jaringan seluler di Indonesia maupun di Dunia, Di indonesia sendiri Telkomsel telah lama menghadirkan dua produk ini, Untuk pascabayar Telkomsel melunculkan produk bernama Kartu Halo, Sedangkan sebagai produk prabayar Telkomsel meluncurkan produk Simpati, As, Loop. Begitu juga dengan operator seluler lainnya seperti XL, Indosat, dll.

Dibawah ini admin akan memberikan penjelasan tentang pengertian prabayar dan pascabayar PLN dan kartu prabayar dan pascabayar dari provider telpon seluler.

Pengertian Prabayar dan Pascabayar.

Prabayar.
Parabayar adalah Pra (sebelum) Bayar Artinya sebelum digunakan harus bayar dulu. Istilah prabayar pada listrik PLN, Prabayar Adalah sebelum memakai listrik PLN Anda harus bayar dulu KWH listrik yang akan digunakan, di Indonesia KWH ini diadakan dengan nominal harga 20, 50, 100 ribu dan seterusnya, Jika KWH di meteran listrik Anda kosong, tentunya lampu dirumah tidak dapat nyala, Anda dapat membeli token maupun pulsa listrik sebagai dapat memakai listrik dari PLN

Sedangkan sebagai provider operator seluler prabayar, Anda harus membeli pulsa atau voucher isi ulang sebagai dapat memakai kartu dari provider penyedia jaringan seluler sebagai dapat pengerjaan penggilan telepon, SMS, Internet dan lain sebagainya.

Pascabayar.
Pascabayar adalah Pasca (Setelah) Bayar Artinya setelah digunakan baru di bayar, Jika admin contohkan pada listrik PLN pascabayar Adalah Anda dapat memakai listrik PLN yang telah terhubung ke rumah tanpa harus membayarnya terlebih dahulu, Pembayaran tagihan pemakaian akan dilakukan setelah tanggal atau waktu pemakaian yang telah ditetapkan oleh pihak penyedia layanan.

Sedangkan sebagai provider operator seluler Pascabayar adalah dimana pemilik kartu bisa memakai dulu kartunya sebagai pengerjaan panggilan telpon, SMS, Internet dan Pembayaran tagihan pemakaian akan dilakukan setelah tanggal atau waktu pemakaian yang ditetapkan oleh pihak penyedia layanan.

Perbedaan dari kedua product atau jasa yang memakai system prabayar dan pascabayar terletak pada proses pembayaran yang dilakukan, Product memakai system pascabayar dapat dinikmati terlebih dahulu dan pembayaran dilakukan setelahnya atau sesuai perjanjian pembayaran, Sedangkan product mengunakan system prabayar harus bayar dulu baru dapat dinikmati atau digunakan.

Kesimpulan :  
Prabayar adalah bayar terlebih dahulu barang atau jasa baru dapat dipakai atau digunakan
Pascabayar adalah barang dan jasa dapat dipakai/digunakan terlebih dahulu baru dibayar

Informasi buat Anda pemakai kartu prabayar di Indonesia
Pemberitahuan buat Anda pemakai kartu prabayar telepon seluler di Indonesia, Mulai tanggal 31 Oktober 2017 pemerintah mewajibkan Anda pengerjaan registerai ulang kartu prabayar.

Peraturan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) No.12 tahun 2016, mulai tanggal 31 Oktober 2017 pemerintah mewajibkan Anda sebagai pelanggan operator seluler prabayar baru dan lama sebagai pengerjaan registrasi nomor kartu SIM sebagai pengerjaan registrasi sesuai dengan data identitas yang tertera di Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Promo free buat Anda pemakai kartu Axis admin mengadakan bagi bagi voucher axis setiap hari, Silahkan kunjungi laman bagi bagi voucher internet axis di link Bagi bagi voucher internet Axis AIGO

Lihat di laman ini tutorial cara pengerjaan registerai ulang kartu prabayar, Baik Aada pemakai kartu Telkomsel, XL, AXIS, Indosat, TRI, dan lain sebagainya:

Cara Unreg kartu Simpati As dan Loop
Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar sesuai peraturan Menkominfo No.12 tahun 2016
Cara Registrasi Ulang Kartu Telkomsel Simpati, AS, Loop
Cara Registrasi Ulang Kartu Tri 3
Cara Registrasi Ulang Kartu IM3
Cara Registrasi Ulang Kartu XL
Cara Registrasi Ulang Kartu Axis 
Cara Registrasi Ulang Kartu Smartfren

di Indonesia product atau jasa memakai system pembayaran pascabayar, pembayaran dilakukan bulan berikutnya mulai dari tanggal 1 mencapai tanggal 20, Jika melewati tanggal 20 akan dikenakkan sangsi denda.

Comments

Popular posts from this blog

Spesifikasi dan Harga Lenovo Vibe X S960

Hard Reset Advan S5E Pro Lupa Pola Kunci

Tutorial Cara Flash Firmware Lenovo Vibe C A2020a40 Via Pc